Se-Horror Apa #BlueWhaleChallenge ?

May 05, 2017


Blue Whale Challenge. Kamu pernah mendengarnya, guys?  Nama itu akhir-akhir ini menggema melalui media sosial Instagram. Layanan microblogging Twitter dan Instagram diramaikan postingan mengenai tantangan membahayakan ini.

Lalu apasih Blue Whale Challenge itu? Se-berbahaya itukah tantangannya?

Tag #BlueWhaleChallenge merayu remaja dengan tingkat emosi labil atau mereka yang sedang mengalami depresi untuk mengakhiri hidupnya. Wah, cukup menyeramkan ya! Ini cukup menjadi bukti, bahwa manusia saat ini masih belum bisa menyelaraskan antata tindakan yang masuk akal, dengan yang tidak masuk akal seperti tantangan ini.

Sebuah tantangan yang diberikan kurator menyerukan bagi siapapun yang sudah masuk di dalamnya tidak boleh menghentikan aksi mereka. "Sekali kamu masuk, maka kamu tidak boleh berhenti. Atau kami akan mendatangimu," tulis sang kurator.

Mengenai tindakan berbahaya ini, apa yang dilakukan Instagram? 




Nah.. Pengguna yang ingin mencari video atau foto dari salah satu tag di bawah ini, akan mendapatkan peringatan, jika konten yang muncul mengacu pada tindakan menyakiti diri sendiri.  Berikut adalah beberapa tag-nya, guys.

#BlueWhaleChallenge #i_am_whale #wakemeat420 #f40 #f57 #curatorfindme dan #imready

Dari mana kah permainan ini berasal?
Permainan ini berawal dari jejaring sosial asal Rusia, vk.com (VKontakte). Tau gak sih.. Kalau di negara asalnya, permainan ini menjadi penyebab ratusan remaja bunuh diri. Sedangkan nama Blue Whale dianggap sesuai dengan perilaku paus yang mendamparkan diri ke pantai untuk mati.

Bagaimana isi challenge tersebut?



Pemain diminta menyelesaikan satu 'tugas' secara terus menerus hingga hari ke-50. Mulai dari menggambar tanda tertentu seperti f0, f57, hingga ambar ikan paus di bagian tubuh seperti pergelangan tangan dan kaki menggunakan silet atau pisau. Yaa, challengenya bermacam-macam guys, yang ujung-ujungnya adalah harus bunuh diri!

Dilansir Higgyhoop, di hari terakhir pemain diminta untuk memposting foto selfie sesaat sebelum melakukan aksi bunuh diri dan menuliskan salam perpisahan seperti 'Goodbye' atau 'End' melalui media sosial.

Selain di Rusia, permainan ini diketahui sudah menyebar ke Chile, Spanyol, Ukraina, dan Portugal. Polisi pun menyelidiki sejumlah kasus bunuh diri di Rusia yang mereka takutkan, terkait dengan aksi yang viral secara online.

Namun sejauh ini tantangan Blue Whale belum terbukti bertanggung jawab langsung atas kematian para anak-anak tersebut lho, guys. Bagaimana denganmu, semoga saja kamu tidak tertarik untuk melakukannya ya! :)



Sudah tahu mengenai Blue Whale Challenge, Lalu bagaimana dengan internet provider jakarta ? Yuk cari tahu, guys.. Dan dapatkan keuntungannya.






You Might Also Like

0 komentar