Yuk Kenali Jenis-Jenis SIMCard, Guys!

May 08, 2017


Kamu pasti mengenal yang namanya "Kartu sim" kan, guys? Sim card bisa dibilang sebagai nyawa dari suatu alat komunikasi telepon genggam alias handphone. Kartu sim merupakan perangkat terpenting agar kegiatan komunikasi dan internetan kamu berjalan lancar. Iya lah, masa hanya mengandalkan wifi public saja?! >_< Nah, semakin cepatnya perkembangan zaman.. Kartu sim pun berubah, guys. Ya, tentu saja berubah ukurannya menjadi lebih kecil. Nah, apakah kamu tahu jenis-jenis kartu sim yang ada saat ini, guys? Kalau belum, yuk check it out this info!


Apasih definisi SIM Card itu?
SIM adalah singatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module. Simcard berarti sebuah kartu yang memiliki nomor identitas unik yang digunakan pada telephone bergerak (mobile phone) pada jaringan seluler. Nah, selain itu simcard juga dapat menyimpan beberapa nomor kontak telpon dan SMS.

Saat ini, ada tiga jenis simcsrd di pasaran, guys. Ketiga jenis ini hanya berbeda dalam hal ukurannya saja, sedangkan fungsinya tetap sama sebagaimana fungsi simcard pada umumnya. This is it..

1. Standard SIMCard

Simcard mini (Mini Simcard) atau Simcard reguler (Reguler Simcard), merupakan jenis kartu yang dipakai pada handphone jenis lama dan merupakan jenis yang paling populer sampai saat ini. Ukuran fisik simcard standard adalah panjang : 25mm, lebar : 15mm dan tebal :  0.76mm.
Namun, bila kamu membeli hp keluaran terbaru, dan ingin tetap menggunakan nomor yang lama, kamu bisa pergi ke counter hp terdekat.. Lalu meminta untuk memotongnya menjadi.... apa hayo? Yuk, lanjutkan bacaannya untuk mengetahui ukuran si simcard. ^_^

2. Micro SIMCard

Jenis sim yang ukuran fisiknya adalah panjang : 15mm, lebar : 12mm dan tebal : 0.76mm ini, merupakan yang paling banyak digunakan oleh smartphone saat ini, guys. Nah, untuk mendapatkan simcard ukuran mikro, bisa dilakukan dengan cara memotong simcard standarmu ke counter terdekat.

3. Nano SIMCard

Merupakan jenis simcard terkecil saat ini, yang ukuran fisiknya adalah panjang : 12.3mm, lebar : 8.8mm, tebal : 0.67mm. Smartphone terbaru biasanya menggunakan jenis simcard yang satu ini, guys.

Kamu ingin mengganti SIMCard? Ada 2 cara yang dapat kamu lakukan yaitu :

1. Operator Seluler
Go to this place, kamu akan mendapatkan ukuran SIMCard baru tanpa harus memotongnya. Kebijakan setiap operator tentu berbeda ya, guys. Ada yang menggratiskan pelayanan atau berbayar untuk mengganti si SIMCard.

2. Cut it to the counter

Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kamu bisa memotong SIMCard dengan pergi ke counter, meski hasil yang didapatkan setelah pemotongan kartu tidak serapih bila kamu pergi ke counter, guys.

That's all, semoga bermanfaat. Udah punya kartu sim, dan jaringannya 4G? Saatnya coba paket 4G termurah tuh, guys!!




You Might Also Like

0 komentar