Mau Pasang Gigi Palsu? Yuk Kenali Jenisnya Dulu!

April 18, 2017



Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dalam kehidupan kita. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan. Kehilangan satu gigi, hmm.. Pasti akan sangat mengganggu penampilan kita kan?, apalagi kalau gigi yang tanggal di bagian depan! Gigi kamu bukan gigi susu lagi? Wah, gak bisa tumbuh lagi tuh dan bisa membuat percaya diri jadi berkurang!!

Kamu pasti tahu kalau kita bisa “memanipulasi” gigi agar tampak masih ada. Ya, dengan menggunakan gigi palsu. Lalu, apakah kamu tahu jenis-jenis gigi palsu yang dapat digunakan?
Banyak model gigi palsu yang bisa dipakai, guys. Diantaranya ada dua model pemasangan gigi palsu. Yaitu, jenis permanen atau yang biasa disebut implant gigi dan jenis lepasan.



Perbedaannya apa? Gigi palsu permanen tidak bisa dilepas oleh pemiliknya. Sementara, gigi palsu lepasan bisa dipasang sendiri. Jadi, gigi palsu permanen harus menunggu dokter untuk melepasnya, guys.

1.    Gigi palsu permanen
Ilustrasi Implan Gigi

Ada tiga macam gigi palsu permanen, yaitu..

Pertama, implant gigi. Gigi palsu ini ditanam di gusi. Berdiri sendiri. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan pemasangan gigi palsu ini, guys. Tidak ada kelainan sistemik pada gusi, bentuk rahang atas dan bawah memiliki lengkung yang sempurna, ketebalan tulang yang memadai dll.

Kedua, crown atau mahkota. Mahkota palsu tersebut dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang rusak. Baik rusak akibat lubang, keropos, atau patah.

Ketiga, bridge. Gigi jenis ini dipasang dengan memanfaatkan gigi-gigi di sebelahnya sebagai penyangga.

2.    Gigi palsu lepasan
Gigi palsu lepasan juga memiliki 3 model, diantaranya..


Pertama, jenis akrilik. Gigi palsu akrilik terbuat dari bahan dasar akrilik untuk gigi maupun basisnya.


Kedua, valplast. Jenis ini lebih lentur ketimbang akrilik. Gigi palsu yang elastis ini terbuat dari bahan valplast yang proses pembuatannya persis seperti FRS dengan sistem inject.


Ketiga, frame. Gigi palsu jenis ini menggunakan logam di dalamnya.

Nah.. Dari berbagai jenis gigi palsu di atas, masing-masing memang memiliki keunggulan dan kelemahan. Tips memilih model gigi palsu yang bagus? Tentunya yang sesuai dengan bentuk gusi kamu, dan dengan faktor yang menyebabkan gigi kamu tanggal.



You Might Also Like

0 komentar