Inilah Keunggulan si Dual Camera pada Smartphone

April 20, 2017


Apa yang tengah naik daun saat ini, guys? Ya, kamera ganda pada smartphone! Sejumlah smartphone baru tahun ini hadir dengan dual kamera, sebut saja beberapa diantaranya seperti LG G5, Huawei P9 hingga yang terbaru iPhone 7 Plus, dll.

Masing-masing vendor menonjolkan keunggulan kamera yang dimiliki produknya.Mulai dari adanya lensa ultra-wide angle dan dengan kamera monochrome.

"Baikkah dari sisi kinerja?, ataukah hanya sebagai trik semata?" Mungkin hal yang ditanyakan oleh khalayak ramai.

Jika pemotretan dilakukan dengan benar, kerja sama sepasang sensor dan lensa dapat mengatasi beberapa keterbatasan utama dari kamera smartphone loh, guys! Salah satunya memiliki trik post-capture yang istimewa atau dapat memberikan sentuhan yang lebih, pada hasil bidikan kamera.

Penasaran apa saja keunggulan kamera ganda pada smartphone? Inilah beberapa keunggulannya!

1. Sensor lebih besar

Ukuran sensor! Merupakan kelemahan terbesar smartphone ketika dibandingkan dengan kamera DSLR dan kompak high-end. Smartphone memiliki sensor yang kecil, sedangkan bisa dibilang sensor besar berarti mampu menyuguhkan kualitas gambar yang lebih baik.


Tentunya, dengan sebuah sensor yang lebih besar memiliki photosites yang lebih besar dan pintar. Photosites yang besar, tampil jauh lebih baik dalam gelap dan mengambil detail.

Jadi dengan menggunakan dua sensor kecil, kamera smartphone dapat mensimulasikan efek dari sensor yang lebih besar. Namun, menempatkan sebuah sensor besar di ponsel memiliki tantangan, yaitu dari sisi ketebalan dan ukuran lensa.

Berbekal dua sensor, memberikan area dua kali lebih luas bagi sebuah ponsel untuk mengumpulkan informasi dan cahaya, dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dalam kondisi redup dan juga HDR, serta bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi autofokus.


2. Hasil zoom lebih bagus

Kamera ganda bisa menjadi cara terbaik untuk membuat optical zoom ke dalam perangkat mobile. Optical zoom merupakan cara yang baik untuk memperbesar objek yang jauh dengan menggunakan lensa.


3. Dept of Field (DoF)

Hampir mustahil membuat kombinasi lensa dan sensor yang bisa memberikan DoF bagus seperti kamera profesional.

Namun dengan dua lensa, memungkinkan untuk mengukur kedalaman informasi yang bisa digunakan secara efektif meniru DoF setelah pemrosesan gambar. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan besaran DoF (ruang tajam) yang diinginkan.


4. Jadi fotografer profesional dengan smartphone? Bisa!


Berbekal sejumlah keunggulan yang dimiliki, kalian bisa lebih berkreasi dan bergaya layaknya fotografer profesional dengan smartphone kamera ganda.

Sudah tahu kegunaan dari dual camera, kan? Kamu hobi memotret? Gambar hasil jepretan kameramu jangan sampai hilang, guys! Store it at Data Recovery Jakarta


You Might Also Like

0 komentar