Ancaman Terhadap File di Cloud? No Way!

April 26, 2017

 

IT SOLUTION INDONESIA - Kamu pernah kehilangan file atau dokumen dari cloud storage, guys? Menyebalkan memang! Apalagi kalau yang hilang adalah data yang penting.. :(

Cloud Storage  memang menawarkan data yang aman dan mudah di akses kapanpun dan dimanapun selama masih bisa mengakses internet. Namun, penggunaan Cloud Storage juga tidak menutup kemungkinan data yang Anda miliki akan hilang. Hal ini terjadi karena banyak faktor, misalnya karena peretasan, system error ataupun akibat human error.

Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar ancaman terhadap cloud tidak terjadi padamu, guys. Berikut adalah tips bagaimana mencegah agar data yang berada di cloud tidak hilang. :)

1. Unique password

Buatlah password yang unik dan yang tidak mudah di tebak oleh orang lain, guys. Dann.. yang perlu kamu ingat adalah password yang kamu gunakan, harus berbeda antar akun lainnya ya! Mengapa? Karena kamu bisa terkena resiko kehilangan semua akses yang kamu punya di Internet.. Karena passwordmu mudah ditebak!

2. Two-Factor Authentication

Dengan  two-factor authentication semua akses kamu akan dikirmkan melalui Smartphone atau tablet kamu, guys. Sistem ini berbasis aplikasi baik iOS ataupun Android. 

Jadi, Ketika kamu mengaktifkan layanan ini, maka setiap login, maka akan diminta memasukan kode yang dikirimkan melalui aplikasi  two-factor authentication di smartphone / tablet kamu. Eits.. Jangan lupa bawa hp! Kalau tidak, berarti tidak bisa menggunakan sistem ini, guys. >_<

3. Encrypt Your File 
Anda akan menyimpan data penting di Cloud? Pastikan file yang akan Anda upload sudah di enkripsi terlebih dahulu, guys! Kenapa? Ya jelas agar lebih aman dong. :)

4. Backup Di Provider/Tempat lain
FYI, nih guys.. Sistem Cloud sama dengan harddiskmu. Jadi, agar file yang kamu simpan tidak hilang, kamu bisa membackup ke tempat lain. Tujuannya ? Ketika suatu nanti kamu melakukan kesalahan, misalnya kesalahan saat menghapus file atau hal lainnya, kamu masih memilki data yang sama.

5. Please, don't share!

Hindari share data dengan pihak ketiga ya guys, pastikan jika akun kamu terhubung dengan pihak ketiga memiliki keamanan yang baik. Namun, harus pandai memilih juga karena ada beberapa aplikasi yang  tidak berniat baik, dan jadinya berbahaya apabila ada program jahat yang diselipkan ke dalam datamu!





You Might Also Like

0 komentar