Kenali 4G Lebih Dalam, Yuk!

May 22, 2017

Hi, guys. How are you? Kamu pasti sering dengar kalimat ini "Hp dan simcardnya udah 4G belum?" Mulai dari iklan di TV, radio, mall, dll. Nah, tapi sebenarnya apakah kalian tahu apa itu teknologi 4G? Wah, jangan hanya ikut-ikutan trend tanpa mengetahui asal-usulnya ya, guys. So, let's check it out about teknologi 4G!

The definition
Jaringan 4G (Fourth Generation) merupakan generasi keempat jaringan nirkabel untuk telekomunikasi mobile. Telekomunikasi nirkabel sendiri ialah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung oleh penghantar listrik (semacam kabel).

Nah, jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya, guys.

Jaringan tanpa kabel ini jaraknya bermacam-macam lho, guys. Mulai dari jarak pendek, seperti beberapa meter untuk remote control TV, atau sejauh ratusan meter, dst.

Apakah kecepatan data internet itu penting?
Yang perlu kamu ketahui nih, guys.. Semakin cepat transfer datanya, maka pesan yang tersampaikan semakin cepat pula. Dan semakin cepat pesan tersampaikan, maka aktivitas sejari-hari akan semakin efektif dan menghemat waktu kamu, kan? :)

Sejarahnya 4G?
-1G, merupakan jaringan nirkabel pertama yang diluncurkan pada tahun 1980.
-2G, diperkenalkan pada awal 1990-an.
-3G, mulai diterapkan oleh sebagian besar dunia di awal abad ke-21. Jaringan 3G sudah dianggap baik, dan saat ini sudah mulai digantikan oleh jaringan 4G. Dan nanti, 5G pun akan segera hadir. Wah!

Bedanya 4G vs. 3G?

Performa kecepatan ialah perbedaan utama dari keduanya, guys. Mulai dari pita frekuensi, 3G hanya menawarkan frekuensi tak lebih dari 2 GHz. Sedangkan 4G memiliki frekuensi 2 hingga 8 GHz. Selain itu, transfer datanya 4G juga lebih stabil dan memberikan kecepatan transfer data sampai empat kali lebih cepat dari 3G, lho. Gak buffer lagi waktu buka Youtube deh, guys. Ada juga internet cepat di Bali.

Mengupload album foto ke akun media sosial hanya dalam waktu sepersekian detik? Bisa!, karena 4G bisa memberikan kecepatan sampai 10x lipat dibanding jaringan 3G. Nah, tentunya hal ini memudahkan kamu dalam beraktivitas sehari-hari kan, guys?

You Might Also Like

0 komentar