Hubungan Teknologi Plasma dan Hidupmu

May 17, 2017

Hi, guys.. Tau gak sih, bahwa benda tidak hanya memiliki 3 wujud seperti yang kamu kenal selama ini. Ada benda bentuk keempat yang diberi nama plasma! Plasma adalah benda dalam bentuk ion atau elektron yang pada dasarnya merupakan gas bermuatan listrik sehingga dapat bergerak bebas dari kutub negatif ke kutub positif. Mau tahu lebih jelas mengenai plasma? Let's check it out!

Ada dua alasan mengapa teknologi plasma ini menjadi sangat penting, guys. Diantaranya, yaitu :

1) Karena plasma dapat memberikan temperatur dan kerapatan energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode kimia lainnya.

2) Teknologi plasma memungkinkan untuk menciptakan reaksi kimia yang berbeda dengan reaksi kimia biasa diantaranya dengan terbentuknya elektron, ion, partikel bebas dan atom-atom reaktif seperti oksigen dan fluorine.
3) Proses plasma dapat mengubah permukaan dari suatu material.

Sistem plasma dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan lho, guys. Teknologi sistem plasma yang digunakan untuk melapisi permukaan produk industri hingga medis merupakan hasil interaksi dari permukaan dengan berbagai molekul dan ion yang terkandung pada bentuk plasma.

Sistem plasma akan menghilangkan benda atau kontaminan asing dari permukaan bahan sebelum bahan mendapatkan diproses lebih lanjut. Oleh karenanya, teknologi ini banyak digunakan di dunia industri, guys. Ditambah lagi, si sistem plasma ini dapat digunakan untuk melapisi permukaan dari berbagai bahan yang dibutuhkan sebelum menambahkan lapisan, pencetak atau pengeleman.

Selain itu, sistem plasma menyempurnakan kondisi permukaan bahan sebelum diproses lebih lanjut. Sebagai contohnya, beberapa bahan plastik tidak bisa langsung diwarnai atau dicat melainkan harus dimodifikasi dulu permukaannya dengan menggunakan sistem plasma agar cat menempel dengan sempurna dan tahan lama.

Tau gak sih.. Bahwa Industri yang menggunakan sistem plasma dalam rangkaian produksinya, sebagian besar menggunakan oksigen sebagai pilihan utama dari sistilah istilah plasma oksigen, yang tentu saja gas yang digunakan harus disesuaikan dengan bahan permukaan yang akan diproses. Untuk apa? yaitu untuk mendapatkan efek jangka panjang dan hasil terbaik, guys. Nah, bagaimana .. Jadi teknologi ini sangat bermanfaat bagi hidupmu, bukan? :)

You Might Also Like

0 komentar