Inilah Tips Agar Aman dan Nyaman Berselancar di Internet

April 21, 2017


Mengakses internet, merupakan aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini. Coba, sehari saja tidak browsing.. Rasanya seperti kudet, alias kurang apdett! Nah, karena perubahan teknologi menjadi lebih baik, maka hadirlah tingkat kecepatan untuk mengakses internet. Ya, mulai dari 3G, 4G, bahkan sampai 5G nanti. Browsing paling nyaman ya kalau pakai paket internet cepat! Jadi semakin banyak informasi yang didapat dalam waktu sekejap, apalagi kalau harga paketnya pas di kantong.

Eit.. Ada satu hal yang tak kalah penting nih, guys.. Menjaga agar komputer atau device yang kamu gunakan selalu tetap aman saat berinternet. Jangan sampai insekyurr guys :( , Karena terlalu asyik browsing, kamu jadi melupakan bahwa keamanan dan rasa nyaman saat beraktivitas online itu penting.

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga komputer kamu, agar tetap aman dan nyaman saat melakukan aktifitas online di dunia maya/internet:

1. Update browsermu!

Masih zaman pakai browser yang kadaluwarsa? Segera update browser kamu, dan rasakan efisiensi dari hasil update aplikasinya. Karena biasanya browser keluaran baru lebih cepat dan efektif saat digunakan untuk berselancar di internet.


2. Aktifkan Firewall

Untuk mengantisipasi orang-orang yang ingin memasuki sistem komputer kamu, ada baiknya dengan mengaktifkan firewall pada devicemu. Selain itu, firewall dapat mencegah serangan virus, yang bisa saja merusak device yang kamu gunakan.


3. Use Your AntiVirus

Gunakanlah antivirus untuk melindungi device dari serangan virus, yang dapat ditemukan kapan saja dan di mana saja. Jangan lupa untuk terus mengupdate aplikasi antivirus juga, ya. Dengan mengupdate, maka daftar virus akan bertambah dan aplikasi dapat semakin baik kerjanya.

4. Fitur Enkripsi

Lindungi file anda dari orang yang tidak bertanggungjawab, guys. Ya, salah satunya dengan melakukan enkripsi pada folder/file yang ada pada devicemu. Meskipun jarang dilakukan, namun tidak ada salahnya kan bila mencoba ? ^_^

5. Don't Click The Link

Jangan klik link atau lampiran yang tidak jelas ya guys! Maka dari itu, bila ada email maupun pesan terutama dari orang yang belum dikenal.. Sebaiknya dibaca dengan jelas, isi dan tujuan pesan dikirim. Karena bisa saja link tersebut menyebabkan device terinfeksi virus dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

6. About Your Complete Address?

Jangan dengan mudahnya mengirimkan info alamat, terutama alamat tempat tinggal ya guys. Mengapa? Karena bila tanpa jaminan yang jelas, info tersebut dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Wah, jangan sampai yah!

7. Don't Share Your Private Info

Jangan share info ke publik tentang dirimu dengan lengkap, guys. Iya, kalau orang yang mnemukan info darimu itu hanya iseng, nah.. kalau untuk hal lain bagaimana? Modus kejahatan saat ini sudah berkembang dengan pesat, jadi lebih hati-hati ya guys.

8. Tentang Kartu Kreditmu?

Kamu punya kartu kredit? Wah, saat zamannya belanja online seperti saat ini jadi semakin mudah saja dalam berbelanja kan guys?! Tapi tetap harus hati-hati ya, gunakan kartu kreditmu dengan baik, serta bila berbelanja online.. Berbelanjalah kepada agen yang bersertifikasi, terpercaya dan menyediakan jaminan keamanan bagi pembelinya.

Sekian, semoga bermanfaat guys! :)

You Might Also Like

0 komentar